Tanamkan Ajaran Islam Sejak Dini, Ratusan Murid RA se-Kabupaten Sumbawa Belajar Manasik Haji  

ProSumbawa SUMBAWA BESAR. Samawarea.com (17 September 2024) – Sebanyak 600 anak Raudhatul Athfal (RA) se-Kabupaten Sumbawa mengikuti Manasik Haji di Kantor Bupati Sumbawa, Selasa, 17 September 2024. Anak-anak yang terbagi dalam beberapa kloter ini mengenakan pakaian ihram lengkap untuk melaksanakan semua rukun haji. Di antaranya wukuf, thawaf ifadhah, sai, tahallul (mencukur rambut), dan tertib.


Terlihat anak-anak antusias mengikutinya. Semua tahapan ini dipandu langsung oleh petugas dari Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang dilaksanakan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Sumbawa ini dibuka secara resmi oleh Bunda PAUD, Ny. Sofia Nopriyanti Rayes SE dan dihadiri para kepala sekolah dan guru RA.


Dalam sambutannya, Bunda PAUD menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan ini dijadikan agenda tahunan, karena sangat bermanfaat dalam rangka memberikan edukasi kepada anak-anak dan mengenalkan sejak dini tentang rukun haji. “Ini kegiatan positif harus terus dilaksanakan,” pintanya.
Baca Juga  Ketua TP PKK NTB Minta Program BASNO Terus Digenjot

Sementara Plt. Kepala Kemenag Kabupaten Sumbawa, Muhlasuddin SH menilai kegiatan manasik haji untuk anak-anak sangat bermanfaat dalam upaya membentuk generasi yang religius. Saat ini anak-anak di usia keemasannya. Karateristik anak-anak adalah mudah menerima informasi dan mudah meniru, termasuk mempraktekkan kegiatan manasik haji ini. “Saya percaya bahwa apa yang dilaksanakan oleh anak-anak kita hari ini akan diingat selamanya,” ujarnya.


Dari semua rangkaian ibadah haji yang dilakukan, sambungnya, anak-anak akan mengetahui dan memahaminya, sehingga ketika besar nanti akan termotivasi untuk mewujudkan apa yang sudah dipraktekkan yaitu keinginannya untuk melaksanakan ibadah haji.


Sebelumnya Ketua PD IGRA Kabupaten Sumbawa, Ramidah S.Ag melaporkan, bahwa simulasi manasik haji yang melibatkan anak-anak RA se-Kabupaten Sumbawa ini adalah salah satu program unggulan PD IGRA dan implementasi dari kurikulum Raudhatul Athfal (RA).
Baca Juga  Pemukiman Eks Timor-Timur di Desa Penyaring Terbakar, 7 Rumah Hangus

Manasik haji ini dilaksanakan untuk menanamkan salah satu ajaran Islam kepada para murid sehingga menjadi pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga dan diharapkan dapat memotivasinya menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya saat dewasa nanti.


Untuk itu Ia menyampaikan terima kasih kepada para kepala sekolah dan guru RA maupun wali murid yang menyukseskan kegiatan ini. “Semoga konstribusi semua pihak, memberikan manfaat bagi anak didik dan masa depan generasi bangsa,” pungkasnya.


Untuk diketahui, Raudhatul Athfal Bustanul Jannah mengirimkan peserta terbanyak untuk mengikuti Simulasi Manasik Haji. Sebagai bentuk apresiasi, PD IGRA Kabupaten Sumbawa menyerahkan piagam penghargaan yang diterima Kepala RA  Busnatul Jannah, Endang Suwarni, S.Pd. (SR)

Post Views: 336


Adblock test (Why?)

Komentar