Jika Terpilih, inilah Program Pembangunan yang Ditawarkan RASA

ProSumbawa JAKARTA, samawarea.com (29 Juli 2024) – Meski masih menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, namun pasangan Abdul Rafiq SH – H. Sahril, S.Pd., M.Pd telah menyusun program yang akan direalisasikan jika terpilih pada Pilkada, November 2024 mendatang. Hal ini dibenarkan Bakal Calon Bupati dari PDIP, Abdul Rafiq SH, Senin (29/7).


Ia membeberkan beberapa programnya. Di antaranya, program pertama, memperkuat fondasi pembangunan yang telah diletakkan oleh pemimpin daerah sebelumnya. Rafiq menjabarkan langkah penguatan fondasi dilakukan dengan peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan.


Kemudian, keberpihakan pada kesejahteraan tenaga honorer atau kontrak, memperkuat infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, pelabuhan (dermaga), dan bandara. Selain itu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel, menciptakan iklim investasi yang kondusif dan ramah investor.


“Pemerintah didorong tetap memiliki semangat untuk menjamin terpenuhi pelayanan dasar bidang pendidikan dan kesehatan dengan menyiapkan prasarana pendidikan yang memadai dan fasilitas kesehatan yang refresentatif,” ungkap Rafiq yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa ini.
Baca Juga  Diperiksa Selama 8 Jam, Oknum Bendahara BUMDes Semamung Ditahan Jaksa

Kemudian program kedua mengembangkan sektor unggulan. Yaitu membangun koneksi dengan pemerintah pusat dan provinsi serta pelibatan sektor swasta.


“Daerah dapat memaksimalkan potensi sektor pariwisata dengan mengembangkan wisata halal, wisata bahari, dan wisata budaya, meningkatkan produksi dan nilai tambah sektor pertanian, peternakan, dan perikanan serta pertambangan,” ujarnya.


Selanjutnya mendorong pertumbuhan sektor industri pengolahan dan manufaktur, mengembangkan potensi energi baru dan terbarukan, serta meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas terutama wilayah selatan atau terisolir.


“Memperkuat konektivitas antar wilayah di Sumbawa dengan membangun jalan mantap dan meningkatkan kualitas jalan provinsi dan kabupaten, meningkatkan aksesibilitas ke Sumbawa dengan memperbanyak penerbangan (flight) dan pelayaran adalah jalan terbaik untuk memajukan daerah,” jelasnya.


Rafiq juga mengingatkan untuk tidak menutup mata dengan perkembangan zaman kekinian melalui pembangunan infrastruktur digital guna mempermudah akses informasi dan komunikasi termasuk wilayah blank spot.


Ini bisa terwujud dengan cara memperkuat kerjasama dan kolaborasi antar pemerintah daerah kabupaten dengan pelaku pembangunan seperti akademisi, bisnisman (perbankan dan dunia usaha), komunitas (kelompok masyarakat), pemerintah kecamatan, pemerintah desa, Badan Perwakilan Desa (BPD) dan insan pers.
Baca Juga  Haji Saat: Ini Solusi untuk Proyek Pasar Brang Bara

“Seorang leader atau pimpinan daerah harus memiliki gairah dalam memperkuat kerjasama antar daerah, pemerintah pusat, dan dunia usaha serta secara pararel meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dengan semangat gotong royong baik yang ada di dalam maupun di luar Sumbawa,” ujarnya.


Dengan semangat ini, daerah akan mampu menjalin kerjasama internasional untuk menarik investasi dan transfer teknologi dengan mendorong inovasi dan kreativitas tanpa meninggalkan kewajiban menjamin tersedia air bersih bagi masyarakat dengan mendorong Perumdam Batulanteh dalam membenahi jaringan distribusi air dan manajemen pelanggan.


Tak hanya itu pemerintah daerah memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM dan startup (wirausaha muda) untuk berkembang dan menjamin tidak ada anak yang putus sekolah sebagai wujud kehadiran pemerintah, menyediakan ruang bagi penyandang disabilitas, anak anak, dan remaja millineal untuk berkiprah dalam pembangunan daerah.


“Dengan pemikiran ini akan diwujudkan dengan berbagai program yang terukur setiap tahunnya. Sehingga Sumbawa diharapkan dapat mencapai lompatan pembangunan yang signifikan,” pungkasnya. (SR)

Post Views: 84


Adblock test (Why?)

Komentar