Pemda KSB Bangun Labkesda Terbesar di Sumbawa dengan Anggaran Rp 13 Miliar

ProSumbawa Sumbawa Barat, Samawarea.com ( 28/5/2024)


Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) segera memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), yang dipastikan mulai dibangun tahun ini. Kepastian ini ditegaskan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) KSB, Saifullah S.Ip, yang menyatakan bahwa anggaran telah tersedia di APBD murni tahun ini dan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).


“Sudah ada anggarannya tersedia di APBD murni tahun ini. Sumbernya DAK. Jadi tinggal dibangun saja,” klaim Saifullah.


Dengan anggaran sekitar Rp 13 miliar, Labkesda KSB akan menjadi fasilitas laboratorium terbesar di Pulau Sumbawa. Saifullah menjelaskan bahwa Labkesda ini akan menjadi percontohan bagi laboratorium kesehatan lainnya di pulau tersebut.


“Nanti akan jadi tempat rujukan penyelenggaraan Labkesda kabupaten/kota di Pulau Sumbawa,” paparnya.
Baca Juga  Empat Terduga Shabu Diringkus Timgab Polres Lotim

Menurut Saifullah kehadiran Labkesda akan membawa banyak manfaat bagi KSB. Operasionalnya nanti akan melayani berbagai kebutuhan pengujian dan pemeriksaan, termasuk di bidang mikrobiologi, fisika, kimia, dan bidang lainnya yang berkaitan dengan kepentingan kesehatan masyarakat dan lingkungan. Fasilitas ini juga diharapkan dapat mendukung upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.


“Dengan ragam fungsinya, Labkesda KSB nantinya bisa memberikan layanan maksimal dan menjadi sumber pendapatan baru bagi daerah,” ungkap Saifullah.



Saifullah juga menyoroti potensi pasar dari layanan laboratorium ini, terutama bagi perusahaan-perusahaan di wilayah tersebut. “Kalau selama ini uji sampel air punya AMMAN dan banyak perusahaan di Maluk dibawa keluar. Nanti tidak perlu lagi. Mereka bisa melakukan pengujian di lab milik kita sehingga hasilnya mereka peroleh lebih cepat dengan biaya relatif murah,” tambahnya.
Baca Juga  Camat Moyo Hilir: Lindungi Anak Anak Kita dari Campak Rubella

Selain itu, kehadiran Labkesda juga akan membuka lapangan kerja bagi tenaga-tenaga multi bidang. “Saya kira ada banyak anak-anak kita punya disiplin pendidikan yang diperlukan laboratorium itu ke depannya,” tukas Saifullah


Sebagai laboratorium terbesar di Pulau Sumbawa, Labkesda KSB juga akan menjadi laboratorium rujukan bagi daerah lainnya dan berpotensi menjadi lokasi berbagai kegiatan pelatihan. “Akan banyak pastinya kegiatan pelatihan diadakan di tempat kita itu,” sebut Saifullah


Dengan segala keuntungan yang ditawarkan, pembangunan Labkesda ini diharapkan dapat segera direalisasikan dan memberikan manfaat luas bagi masyarakat dan sektor kesehatan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Post Views: 50


Adblock test (Why?)

Komentar