Dinas Kominfo KSB Usulkan bagun 3 Tower Ke Kmentrian Kominfo

ProSumbawa Sumbawa Barat Samawarea.com ( 28/3/2024)


Dalam upaya menuntaskan masalah blank spot komunikasi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) KSB telah mengajukan usulan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk membangun tower di tiga lokasi strategis. Ir. Abdul Muis, selaku Kepala Diskominfo KSB, menjelaskan bahwa ketiga lokasi tersebut adalah Lemar Lempo di Desa Telonang Baru, Pola Mata di Kecamatan Jreweh, dan Kertasari di Kecamatan Taliwang.


Menurut Abdul Muis, ketiga lokasi ini dipilih karena meskipun memiliki sedikit sinyal, namun keberadaannya masih lemah atau bahkan ada yang tidak ada sama sekali. Pembangunan tower di lokasi tersebut diharapkan dapat menguatkan sinyal komunikasi, sehingga memudahkan akses dan pelayanan masyarakat, terutama dalam situasi darurat.
Baca Juga  Pemilik Lombok Wildlife Park Siap Bantu Wujudkan Kebun Binatang di Sumbawa

Usulan tersebut telah mendapatkan respon positif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang bahkan telah mengirim tim untuk melakukan tinjauan lapangan di ketiga lokasi tersebut. Diskominfo KSB pun aktif mengawal proses tersebut, memastikan bahwa semua persyaratan terpenuhi untuk memastikan kelancaran pembangunan tower.


Ketiga lokasi yang dipilih memiliki kepentingan masing-masing. Lemar Lempo, sebagai desa paling ujung di Sumbawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Sumbawa, memiliki akses yang sulit dan jarak yang cukup jauh dari pusat pemerintahan KSB. Hal ini membuat keberadaan sinyal komunikasi menjadi sangat penting, terutama dalam situasi darurat.


Sementara itu, Desa Kertasari yang sedang mengalami perkembangan pariwisata yang pesat membutuhkan sinyal komunikasi yang kuat untuk mendukung promosi wisata. Sedangkan Pola Mata, yang dikenal sebagai daerah dengan tingkat kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi karena kondisi jalannya yang ekstrem, juga membutuhkan komunikasi yang kuat untuk penanganan keadaan darurat.
Baca Juga  Dokter Dede Diberhentikan dari Jabatan Dirut RSUD Sumbawa

Diharapkan dengan pembangunan tower di ketiga lokasi tersebut, masalah blank spot komunikasi di Kabupaten Sumbawa Barat dapat segera teratasi, meningkatkan konektivitas dan pelayanan masyarakat secara keseluruhan. Diskominfo KSB berharap agar keputusan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika segera diambil untuk memulai pembangunan tower tersebut.

Post Views: 58


Adblock test (Why?)

Komentar