Setahun, UTS Hasilkan 1100 Inovasi

ProSumbawa SUMBAWA BESAR, samawarea.com (10 Februari 2024) – UTS tidak bertumbuh sendiri, tetapi juga berkomitmen untuk menebarkan kebermanfaatan bagi masyarakat dengan berbagai program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Di antaranya Program Magang dan Studi Independent, Program Merdeka, Program Eureka (Eksistensi Riset dan Inovasi Merdeka), UTS Mengajar, dan UTS Preneurship.


Selain itu PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) sejak 2020 hingga 2024 dengan jumlah keterlibatan mahasiswa sebanyak 2679 orang, 330 mitra kerjasama yang terlibat dan menghasilkan 16 prototype, 513 artikel popular, 3 hak kekayaan intelektual, 379 produk inovasi, dan 18 bidang usaha. Demikian disampaikan Rektor UTS, Chairul Hudaya, Ph.D saat memimpin Prosesi Wisuda 465 orang dari Program Sarjana dan Program Magister di RPK UTS, Sabtu (10/2/24).


Selain itu, lanjut Rektor, telah hadir SALUTS (Solusi Ala UTS). Ini merupakan upaya agar UTS hadir sebagai institusi pendidikan tinggi yang turut serta membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan masyarakat.
Baca Juga  Didanai Kemenristekdikti, KKN-PPM UNSA Bangun Ekowisata Bahari

Dalam program ini, sebutnya, terangkum hasil penelitian sejumlah 631 ide inovasi pada SALUTS-1 dan 478 ide inovasi pada SALUTS-2 (total 1100 inovasi dalam 1 tahun), dimana berisi solusi atas permasalahan masyarakat dan industri yang sesuai dengan kepakaran dosen-dosen UTS.


“Harapan kami, UTS hadir dan mampu menjadi katalis tercapainya pembangunan di daerah dan memberikan solusi terhadap permasalahan di masyarakat,” pungkasnya. (SR)

Post Views: 75


Adblock test (Why?)

Komentar