Bangun TPA Teluk Santong, ini Progressnya  

ProSumbawa SUMBAWA BESAR, samawarea.com (30 Januari 2024) – Progres pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Teluk Santong cukup positif. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Sumbawa, Ir. Syafruddin Nur dalam laporannya mengatakan progres pembangunan TPA Teluk Santong sudah pada penandatangan berita acara verifikasi lapangan. Kemudian, telah dilakukan pertemuan teknis lintas sector sekaligus membagi tugas dan tanggungjawab dengan OPD terkait.


Kadis didampingi Kepala Bidang Penanganan Sampah dan Limbah B3, Abdul Malik, dan Pejabat Fungsional Pengawas, Aryan Perdana Putra, dan Kepala UPT Persampahan Yul Haidi, mengaku dia sebagai koordinator umum yang bertanggungjawab terhadap kajian lingkungan, kajian teknis pengolahan limbah, dan perencanaan TPA.


Sedangkan Dinas PRKP, kaitan dengan tata batas, pertimbangan teknis, pertimbangan fungsi dan pemenuhan pinjam pakai kawasan. Selanjutnya, Dinas PUPR, terkait DED TPA, DED jalan akses. Kemudian Bappeda terkait anggaran.
Baca Juga  Resmikan Ekowisata Mangrove Pulau Nanga Sira, Bupati: Jaga yang Baik

Ia juga meminta Camat dan BKPH untuk aksi social karena 5 hektar lahan yang akan dipinjam-pakaikan telah dikuasai orang.


Untuk diketahui, proses pembangunan TPA, idealnya jika menggunakan sistem control landfilf, membutuhkan anggaran yang sangat besar. Diasumsikan, untuk 1 hektar saja membutuhkan biaya sebesar Rp 20 miliar. Ia berharap dukungan semua pihak agar ini bisa terwujud. “Kami segera mengajukan anggaran kajian lingkungan, dan kajian teknis pengolahan limbah,” pungkasnya. (SR)

Post Views: 53


Adblock test (Why?)

Komentar