Ayo Saksikan Lomba Drumband Marakol di GOR Mampis Rungan

ProSumbawa SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26 Januari 2024) – Semarak Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sumbawa masih terasa. Momen ini dimanfaatkan Markas Anak Kolong (Marakol) 1607 Sumbawa untuk menggelar Lomba Drumband tingkat SD dan SMP.


Ketua Marakol 1607 Sumbawa, Yakob Funay yang ditemui melalui Wakil Ketuanya yang juga Pelaksana Lomba, Jimmy Wiraatmaja kepada samawarea.com, Jumat (26/1/2024), mengatakan Lomba Drumband 2024 ini akan digelar selama dua hari, 27-28 Januari di GOR Mampis Rungan, Brang Biji Sumbawa Besar.


Lomba tersebut diadakan dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa ke-65. Saat ini ungkap Jimmy, baru 10 sekolah yang mendaftar. Yakni SDN 1 Lape, SDN 3 Lape, SDN 2 Sumbawa, SDN 2 Lape, SDN 2 Labuan Sumbawa, SDN Samapuin, MTsN 1 Sumbawa, SMPN 1 Moyo Hilir, SMPN 1 Rhee, dan MTsN 4 Sejari.
Baca Juga  Gubernur Ajak Ponpes Kembangkan Ekonomi Keummatan

Para peserta akan mengikuti dua kategori lomba, Parade dan Display. Lomba ini dibuka secara resmi Sabtu (27/1/2024) pagi yang diawali dengan senam bersama. Nantinya para juara akan mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.


Lebih jauh dikatakan Jimmy, digelarnya lomba ini selain memeriahkan HUT Sumbawa, juga untuk mengembalikan gairah drumband yang selama ini menjadi kegiatan ekstrakurikuler favorit sekolah. Pasalnya, dari kegiatan ini para siswa dilatih kedisiplinan, kekompakan dan ketangkasan. Diakui Jimmy, sejak covid melanda, lomba ini tidak pernah lagi digelar, sehingga terkesan mati suri.


Padahal tercatat ada sekitar 50-an sekolah yang menjadikan drumband ini sebagai kegiatan ekstrakurikulernya. Terdiri dari 30-an SD, 18 SMP dan 6 SMA sederajat. Selain itu, sudah banyak sekolah yang mengharumkan nama daerah di tingkat propinsi. Sejak 2012 sampai 2016, Sumbawa secara konsisten menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi NTB, meski tidak pernah mengikuti lomba tingkat pusat karena keterbatasan anggaran.
Baca Juga  Wisuda Purna Siswa SMAN 1 Plampang Semarak, 5 Siswa Lulus SNMPTN

Ke depannya, lanjut pelatih Drumband ini, Lomba tersebut akan menjadi agenda rutin Marakol. Direncanakan sebelum puasa atau setelah Lebaran Idul Fitri, akan digelar Lomba Drumband dalam rangka memperingati HUT Batalyon 742 Satya Wirayudha.


“Bagi yang belum juara pada lomba kali ini, teruslah berlatih dan mengevaluasi diri, karena banyak lomba drumband yang digelar sebagai wadah bagi sekolah-sekolah untuk berprestasi,” pungkasnya. (SR)

Post Views: 267


Adblock test (Why?)

Komentar