Operasi Patuh di Poto Tano, Karantina Pertanian Amankan 13.000 DOC

ProSumbawa SUMBAWA BARAT, samawarea.com (24 Desember 2023) – Karantina Sumbawa memastikan kelancaran lalulintas komoditas pertanian dari dan ke Pulau Sumbawa serta bebas dari Organisme Penganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK).


Hal ini dilakukan menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) guna menghadapi kemungkinan lonjakan di akhir tahun ini, terutama di pelabuhan-pelabuhan yang padat lalulintas seperti Pelabuhan Ferry Pototano.


Padatnya lalulintas orang dan barang yang mulai mengalami peningkatan sejak awal minggu ini, membuat pejabat karantina meningkatkan pengawasan salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Karantina, belum lama ini. Dari operasi patuh ini, ditemukan 13.000 DOC yang tidak dilengkapi dokumen karantina dari daerah asal, sehingga dilakukan diamankan oleh pejabat karantina.
Baca Juga  Mantan Kepala BPN Sumbawa dan Lotim Dijebloskan ke Penjara

Erin Pebriyansyah Penanggung Jawab Wilayah Kerja Pelabuhan Ferry Pototano, mengatakan operasi patuh ini dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat, dengan melaporkan komoditas pertanian kepada pejabat karantina sebelum dilalulintaskan.


“Bekerjasama dengan bekerjasama dengan TNI, kepolisian, BKIPM serta intansi terkait di pelabuhan, kami berharap kegiatan ini sebagai sarana memperkuat koordinasi antar instansi terkait di pintu pemasukan dan pengeluaran serta menyosialisasikan Undang-Undang No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan,” ujar Erin.


Erin menambahkan, selama operasi patuh berlangsung beberapa kendaraan seperti truck, bus dan pickup diberhentikan. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kelengkapan dokumen karantina dari daerah asal untuk komoditas pertanian yang dilalulintaskan. “Dokumen karantina merupakan syarat untuk melalulintaskan komoditas pertanian baik dari dan ke Pulau Sumbawa,” jelas Erin
Baca Juga  SEKRETARIS DPRD KABUPATEN SUMBAWA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI BHAKTI ADHIYAKSA KE-62

Secara terpisah, IBP Raka Ariana Kepala Karantina Sumbawa menjelaskan peningkatan pengawasan dilakukan agar komoditas pertanian yang dilalulintaskan bebas Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK.


“Meskipun sedikit atau sekecil apapun komoditas yang dibawa oleh penumpang saat libur Nataru ini, namun tetap memiliki potensi untuk menularkan HPHK dan OPTK maka dari kita tetap memastikan komoditas yang keluar-masuk sudah diperiksa petugas karantina,” pungkas Raka. (SR)

Post Views: 475


Adblock test (Why?)

Komentar