Bupati Sumbawa Nilai MUI Berperan Penting Sebagai Penggerak Pembangunan

ProSumbawa SUMBAWA BESAR, samawarea.com (12 Desember 2023) – Bupati Sumbawa mengatakan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki peran yang sangat penting untuk membimbing umat dan masyarakat dalam ajaran agama. Demikian pula peran ulama sebagai penggerak pembangunan sangat krusial sebagai sumber inspirasi, menjaga nilai-nilai agama dan social, serta mengembangkan potensi yang ada.


“Keberadaan MUI Kabupaten Sumbawa sebagai garda terdepan dalam memelihara nilai-nilai keislaman sehingga menjadi berkat dan penyejuk di tengah-tengah kehidupan masyarakat,” kata Bupati yang diwakili Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri MM saat menghadiri acara pengukuhan pengurus MUI Kabupaten Sumbawa masa khidmat 2023—2028 di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Selasa (12/12).


Menurutnya, pengukuhan pengurus MUI kabupaten Sumbawa 2023-2028 merupakan langkah awal dari sebuah perjalanan panjang dalam mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia dan berkeadilan social. Ia meyakini bahwa pengurus yang baru dikukuhkan ini adalah sosok-sosok yang telah teruji integritasnya, keilmuan dan dedikasinya dalam mengemban amanat keagamaan. Peran ulama dan tokoh agama sangat penting dalam membangun keseimbangan dalam keberagaman masyarakat.
Baca Juga  Inilah Pejabat Sumbawa yang Dimutasi

“Kita membutuhkan sinergi antara pemerintah, ulama dan masyarakat. Alhamdulillah pemerintah daerah selama ini selalu bekerja sama dengan MUI bahkan setiap isu-isu yang berkembang selalu berdiskusi, bekerja sama dengan MUI,” ungkap Haji Bas—sapaan Sekda.


Sebagai kepala daerah, Ia mendukung MUI Kabupaten Sumbawa dalam menjalankan tugas serta menguatkan peran ulama yang memberikan bantuan dan solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi masyarakat.


“Kolaborasi antar pemerintah dan ulama merupakan sendi utama dalam mewujudkan daerah yang adil makmur dan berkeadilan sosial. Sinergitas MUI mampu memberikan dampak positif seperti dalam pengembangan pendidikan agama, pemberdayaan masyarakat serta program-program kemanusiaan sehingga Kabupaten Sumbawa yang berkeadaban religius dan sejahtera, bisa terwujud,” imbuhnya.
Baca Juga  Siap Berjuang Maksimal, Relawan Kota Bima Silaturahmi Bersama Johan Rosihan

Di akhir sambutannya, Sekda berharap kepada MUI di momentum tahun politik ini untuk berperan dalam menjaga stabilitas dan kedamaian dalam proses demokrasi.


“Saya mengajak agar setiap elemen masyarakat termasuk ulama turut berperan dalam mewujudkan suasana yang kondusif dan harmonis serta memberikan bantuan kepada umat dalam memilih pemimpin yang amanah dan berkomitmen untuk kesejahteraan bersama,” pungkasnya. (SR)


Post Views: 98


Adblock test (Why?)

Komentar