Tim Promer UTS Bakal Sulap Labu Tunuk Jadi Destinasi Wisata

ProSumbawa SUMBAWA BESAR, samawarea.com (11 Oktober 2023) – Desa Brang Kolong Kecamatan Plampang menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Program Merdeka (Promer) oleh mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).


Di desa tersebut, mahasiswa Promer UTS Batch 7 ini melakukan survey terhadap keberadaan Labu Tunuk tepatnya di Dusun Labu Ala. Survey yang dilakukan mahasiswa bimbingan Sahri Yanti, Ph.D ini untuk mengidentifikasi hal-hal yang dapat mendukung terwujudnya Labu Tunuk sebagai salah satu destinasi wisata.






Dalam survey tersebut Tim Promer UTS menyasar pesisir Pantai Labu Tunuk yang indah. Untuk mencapai lokasi, tim yang didampingi Kades Brang Kolong, AKBP (Purnawirawan) H. Ahmad SH menempuh perjalanan laut sekitar 30 menit menggunakan perahu nelayan sekitar.
Baca Juga  Bendungan Pungka 'Telan' Bocah SD

Yanti sapaan akrab Dosen Pendamping ini mengatakan perjalanan laut itu sangat dinikmati karena bisa memilih ikan-ikan segar untuk disantap bersama. “Para mahasiswa singgah untuk membeli ikan-ikan hasil tangkapan nelayan yang dijual sekitar Labu Tunuk,” kata Yanti.


Dalam melakukan survey, mahasiswa terbagi dalam beberapa tim. Sebagian menyisir dan membersihkan area untuk dijadikan spot-spot indah lokasi wisata fotografi, sebagiannya lagi menyiapkan ‘fish grill barbeque’.


Hasil dari survey ini nantinya akan dianalisis terkait kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mewujudkan desa wisata setempat.


Dari diskusi dengan warga ada beberapa hal yang disepakati. Di antaranya pemasangan plang nama spot wisata dan plang arah wisata, berugak sebagai tempat berteduh wisatawan, dan tempat sampah.
Baca Juga  Iklan KSB Selamat Idul Fitri 1441 H

“Kerjasama dan dukungan dari pemerintah desa dan warga setempat program Desa Wisata untuk Labu Tunuk bisa terealisasi dan mendatangkan manfaat bagi masyarakat,” pungkas Yanti. (SR)

Post Views: 193


Adblock test (Why?)

Komentar