Musibah Kebakaran di Mokong, Novi-Talif Turun Salurkan Bantuan

ProSumbawa SUMBAWA BESAR, samawarea.com (15 Agustus 2024) – Musibah kebakaran di Dusun Mokong, Desa Mokong, Kecamatan Moyo Hulu, Kamis (15/8) dinihari, meninggalkan duka yang mendalam bagi para korbannya. Sebab musibah kebakaran ini menghanguskan 2 rumah panggung dan empat rumah lainnya mengalami kerusakan.


Kondisi ini memunculkan keprihatinan dari sejumlah pihak, tak terkecuali pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Hj. Dewi Noviany S.Pd., M.Pd – Ir. Talifuddin M.Si atau yang disingkat Novi-Talif.


Pasangan yang diusung PKS, PPP dan Demokrat ini, mengambil kesempatan pertama untuk membantu para korban, Kamis (15/8) tadi. Keduanya langsung turun ke lokasi selain memberikan bantuan, juga dukungan moril kepada para korban.


Kehadiran Novi Talif disambut antusias masyarakat setempat. Mereka merasa bahagia didatangi kedua figur tersebut. Bahkan di antara warga memanfaatkan momen tersebut untuk menyampaikan aspirasi dan foto bersama.


Kepada media ini, Bakal Calon Bupati yang akrab disapa Hj. Novi, mengaku mengambil langkah cepat untuk menyambangi para korban agar tidak larut dalam kesedihan. Ia ingin kehadiran Novi Talif dapat membantu meringankan beban mereka.
Baca Juga  Disambut Ribuan Santri, TGB Kobarkan Semangat Belajar

“Kami ingin agar para korban ikhlas menerima musibah sebagai ujian dari Allah SWT, sekaligus kembali semangat untuk menata masa depan,” kata Hj Novi yang sampai saat ini masih aktif sebagai Wakil Bupati Sumbawa.


Ia meminta para korban tidak melihat bantuan itu dari besar atau jumlahnya. Namun bantuan ini sebagai pendorong semangat bahwa para korban merasa tidak sendiri, karena duka tersebut pun dirasakan orang lain.


Hj Novi akan mengkoordinasikan kebutuhan para korban kebakaran ini kepada leading sektor terkait untuk memberikan bantuan termasuk membangun kembali rumah yang terbakar.


Ia juga mengajak masyarakat yang memiliki kelebihan untuk memberikan rasa empatinya dalam membantu meringankan beban orang-orang yang tertimpa musibah. “Mari kita berempati untuk membantu saudara-saudara sebagai ladang amal,” ajaknya.
Baca Juga  Deputi I Kantor Staf Kepresidenan Terus Pantau Persiapan MotoGP Mandalika

Seperti diberitakan samawarea.com, musibah kebakaran yang terjadi di Dusun Mokong mengakibatkan dua rumah hangus dan empat lainnya mengalami kerusakan. Peristiwa itu terjadi pada pukul 02.00 dinihari saat warga setempat terlelap.


Untuk memadamkan api, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Sumbawa mengerahkan pasukan dari kantor pusat, Zona Lenangguar dan Zona Utan, beserta tiga unit mobil fire truk dan jeep. Setelah berjibaku selama beberapa jam, api berhasil dipadamkan pukul 07.00 Wita.


Dari musibah ini tercatat 2 unit rumah panggung hangus menjadi arang. Yaitu kediaman Syamsuddin Poro, dan Usman Kafi. Sedangkan 2 unit rumah panggung dan 2 rumah permanen, terdampak. Adalah rumah Iskandar, Nurdin Tawe, Nursada, dan Sanapiah Hamid. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini tapi kerugian materi mencapai Rp 450.000.000. (SR)

Post Views: 145


Adblock test (Why?)

Komentar