Mentan Gelontorkan Ratusan Milyar untuk Petani Peternak se Pulau Sumbawa

ProSumbawa SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26 Januari 2024) – Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan senilai ratusan milyar rupiah untuk petani dan peternak se-Pulau Sumbawa. Bantuan itu diserahkan secara simbolis di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, dalam serangkaian kunjungan kerjanya di Kabupaten Sumbawa, Kamis, 25 Januari 2024.


Dari nilai bantuan ratusan milyar ini dialokasikan untuk pengadaan vaksin rabies, vaksin SE, renovasi RPH, pembangunan pengolahan pakan, dan operasional puskeswan senilai Rp 15,4 miliar untuk Kabupaten Sumbawa. Bantuan benih padi, benih jagung, dan pupuk senilai Rp 54,7 miliar untuk Kabupaten Sumbawa.


Selanjutnya, bantuan benih padi dan jagung senilai Rp 33,9 miliar untuk Kabupaten Dompu, bantuan benih padi dan jagung Rp 34,1 miliar untuk Kabupaten Bima, bantuan benih jagung Rp 4,6 miliar untuk Kota Bima dan bantuan benih padi dan jagung senilai Rp 5,1 miliar untuk Kabupaten Sumbawa Barat.
Baca Juga  UNSA Lahirkan 412 Sarjana Baru, Bupati Ingatkan Tantangan Kian Meningkat

Sebelumnya Mentan melakukan penanaman jagung di Kawasan Samota bersama Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa. Tujuannya untuk mendukung upaya pemerintah dalam peningkatan produksi pertanian, khususnya jagung hibrida varietas NK 7328 (Sumo).


Dengan luas lahan kelompok mencapai 50 Ha, dan indeks pertanaman (IP) satu tahun mencapai 100, para petani diharapkan dapat mencapai produktivitas 7-8 Ton/Ha. Pola tanam yang diterapkan oleh petani setempat adalah palawija-bero-bero, menciptakan lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan jagung.


Selain itu, harga jagung yang cukup menarik di pasaran memberikan insentif positif bagi petani, dengan harga mencapai Rp. 4.800 – 5.000/Kg untuk jagung kering panen kandungan air di atas 28%. (SR)

Post Views: 141


Adblock test (Why?)

Komentar